Tujuan & Karakteristik adm.perkantoran
Tujuan Administrasi Perkantoran
Menurut GR Terry
GR Terry dalam bukunya yang berjudul Office Management and Control, memiliki pandangan tersendiri mengenai tujuan administrasi perkantoran.
1. Memberikan semua keterangan dengan rinci dan lengkap dan dipentingkan siapa saja, kapan dan di mana hal itu dibutuhkan untuk pelaksanaan organisasi atau perusahaan secara efisien.
2. Membuat catatan dengan biaya seminimal mungkin.
3. Memberikan pekerjaan tata usaha yang efektif dan efisien.
4. Membantu perusahaan dalam persaingan.
5. Memberikan laporan dengan biaya serendah-rendahnya.
Secara umum
1. Menerapkan dan meningkatkan kemampuan teknologi informasi agar pelaksanaan tugas berjalan secara efektif dan efisien.
2. Menerapkan dan meningkatkan kemampuan pengelolaan dokumen sesuai standar operasional prosedur yang berlaku dalam perusahaan.
3. Menerapkan dan meningkatkan kemampuan pengelolaan administrasi keuangan (Accounting), agar proses pengelolaan aspek keuangan dapat dipertanggungjawabkan serta dilaporkan.
4. Menerapkan dan meningkatkan pelayanan perusahaan terhadap relasi.
5. Menerapkan dan meningkatkan kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing.
6. Menerapkan dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi terhadap relasi dengan memperhatikan etika dan lingkungan.
KARAKTERISTIK ADMINISTRASI PERKANTORAN
1. Bersifat Pelayanan
Pekerjaan kantor memiliki karakteristik bersifat pelayanan, karena berfungsi untuk membantu pekerjaan utama agar dapat terlaksana secara efektif dan efisien.
2. Bersifat Terbuka dan Luas
Administrasi perkantoran bersifat terbuka dan luas, artinya semua pelaksanaan tugas kantor dapat dilakukan di mana saja, tidak harus dalam gedung sebagai acuannya.
3. Dilaksanakan Oleh Semua Pihak
Pekerjaan kantor dapat dilakukan semua pihak dalam organisasi atau perusahaan, mulai dari pimpinan hingga karyawan yang paling rendah jabatannya.
Komentar
Posting Komentar